Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Bergambar dengan Pendekatan Kontekstual untuk SMA Kelas XI

Putri, Rani Dwi Suci Hd (2014) Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Bergambar dengan Pendekatan Kontekstual untuk SMA Kelas XI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RANI_DWI_SUCI_HD_PUTRI_18362_6166_2014.pdf] Text
B1_3_RANI_DWI_SUCI_HD_PUTRI_18362_6166_2014.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penggunaan penuntun praktikum dapat mengefektifkan kegiatan praktikum siswa. Hal ini dikarenakan penuntun praktikum yang disusun sistematis memungkinkan siswa untuk bekerja secara sesuai dengan tujuan pembelajaran. Siswa dituntut terampil dalam memperoleh dan menyusun informasi sendiri melalui aktifitas praktikum. Informasi tersebut nantinya akan teraplikasi/terhubungkan dengan kehidupan nyata mereka. Berdasarkan wawancara penulis dengan guru biologi SMAN 3 Pariaman belum ada penggunaan penuntun praktikum bergambar dengan pendekatan kontekstual untuk SMA kelas XI Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum bergambar untuk SMA, serta untuk mengetahui kriteria validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahapan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase pengembangan (development/prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 20 orang siswa Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa penuntun praktikum biologi bergambar dengan pendekatan kontekstual. Penuntun praktikum yang dihasilkan memperoleh nilai rata-rata validitas 86,79% yang berarti valid, baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikan. Sedangkan dari segi kepraktisan oleh guru memiliki nilai 93,21% dan oleh siswa 87,47% yang berarti penuntun praktikum yang dihasilkan dinyatakan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Praktikum, Biologi, Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:17
Last Modified: 28 Apr 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item
View Item