Alsabet, Agnes Fradila (2021) Strategi Bauran Promosi Pulau Belibis Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_AGNES_FRADILA_ALSABET_17135075_3106_2021.pdf [thumbnail of B1_04_AGNES_FRADILA_ALSABET_17135075_3106_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_AGNES_FRADILA_ALSABET_17135075_3106_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kurangnya promosi terhadap 4 (empat) kompo- nen bauran promosi yaitu Advertising, Personal Selling, Sales Promotion, dan Direct Marketing di Pulau Belibis Kota Solok. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi dalam bauran promosi Pulau Belibis Kota Solok dengan menggunakan analisis SWOT yang ditentukan oleh faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dari para informan penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan dan analisis strategi menggunakan SWOT. Hasil penelitian ini secara keseluruhan adanya faktor internal yang didapatkan dari kekuatan dan kelemahan pengembangan daya tarik wisata di Pulau Belibis Kota Solok dan faktor eksternal yang didapatkan dari peluang dan ancaman. Jika dilakukan promosi pada Pulau Belibis Kota Solok, strategi yang dirumuskan: 1) Memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dan Youtube sebagai media promosi periklanan. 2) Merekrut admin media sosial yang profesional dan ahli di bidang promosi agar mampu mempromosikan Pulau Belibis di sosial media dengan membangun kerjasama dengan pihak ketiga. 3) Mengelola dan mengoptimalkan fasilitas dan wahanabermain di Pulau Belibis untukmendukung diadakan paket wisata serta voucher. 4) Membuat sebuah aplikasi destinasi objek wisata Kota Solok yang bertujuan memudahkan wisatawan untuk mencari informasi mengenai objek wisata di Kota Solok, termasuk Pulau Belibis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Bauran Promosi, Promosi, Pariwisata |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8538 |