Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Kampoeng Es Lega di Lubuk Alung

Permata, Anggun (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Kampoeng Es Lega di Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ANGGUN_PERMATA_1203117_1485_2018.pdf] Text
B1_03_ANGGUN_PERMATA_1203117_1485_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman peneliti sewaktu berkunjung keRestoran Kampoeng Es Lega yang terletak di daerah lubuk alung, penelitimenemukan masih kurangnya kualitas pelayanan terlihat dari adanya keluhanpelanggan terhadap kualitas pelayanan saat memesan makanan. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap KepuasanPelanggan Restoran Kampoeng Es Lega Di Lubuk Alung.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatifkausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel KualitasPelayanan (X) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di Restoran Kampoeng EsLega. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan restoran yang pernah datangke Restoran Kampoeng Es Lega . Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah97orangyangdiambilmenggunakanteknik pengambilansimple random sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan komunikasi tidak lansung melaluikuesioner (angket) dengan mengunakan skala likert yang telah teruji validitas danreliabilitasnya. Teknik analisis dengan uji regresi linear.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasilsebagai berikut: (1) Kualitas Pelayanan berada pada kategori Buruk (82,50%), (2)Kepuasan Pelanggan berada pada kategori Sangat Buruk (82,47%), (3) Hasil ujihipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung dengan sig. 0,000 < 0,05,maka variabel kualitas pelayanan tidak dapat menjelaskan kepuasan pengunjungsecara signifikan, dengan R Square sebesar 0,006. Artinya kualitas pelayanantidak mempengaruhi Kepuasan pelanggan sebesar 0,6% dan sisanya dipengaruhioleh faktor lain. Selanjutnya t hitung 0,738 > t tabel (± 2,776) dengan tarafsignifikan 0,05, maka terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel.Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,041 dengan nilai t hitung0,738 pada sig. 0,000< 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuankualitas pelayanan akan meningkatkan 0,04 satuan kepuasan pengunjung.Dengandemikian hipotesis yang diajukan (Ha) ditolak dan Ho di terima

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan dan Kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:14
Last Modified: 28 Apr 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8536

Actions (login required)

View Item
View Item