Wanda, Randa Nofri (2015) Pengembangan Modul Menggunakan Quipperschool pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan untuk Siswa SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RANDA_NOFRI_WANDA_1106263_5939_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RANDA_NOFRI_WANDA_1106263_5939_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RANDA_NOFRI_WANDA_1106263_5939_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang sangat pesat berpengaruh pada semua bidang tidak terkecuali bidang pendidikan. Perkembangan IPTEK di bidang pendidikan dapat dilihat salah satunya dari segi media pembelajaran, dimana guru dituntut merancang dan mengembangkan media pembelajaran. Guru dan siswa sering mengakses internet untuk mencari informasi dikarenakan informasi yang disediakan di internet lebih mudah didapat. Salah satu media pembelajaran yang bisa diakses melalui jaringan internet adalah media pembelajaran elektronik (e-learning) berbasis web. Peneliti berinisiatif mengembangkan materi ajar yang penggunaannya digabungkan dengan internet yaitu Quipperschool. Materi ajar yang dikembangkan berbentuk modul yang merupakan paket belajar mandiri yang meliputi serangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan dirancang secara sistematis untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul menggunakan Quipperschool pada materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tiga tahap dari 4-D model yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data maka didapatkan nilai validitas 85.08% dengan kategori valid, nilai praktikalitas guru 93.75% dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas siswa 85.23% dengan kategori praktis. Berdasarkan hal tersebut telah dihasilkan produk modul menggunakan Quipperschool pada materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa SMP yang valid dari validator, sangat praktis dari guru dan praktis dari siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quipperschool, IPA, Modul |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8529 |