Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatife Learning Tipe Make a Match Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTsN 03 Kabupaten Padang Pariaman.

Handayani, Leli Fitri (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatife Learning Tipe Make a Match Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTsN 03 Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_LELI_FITRI_HANDAYANI_15004011_156_2019.pdf] Text
B1_03_LELI_FITRI_HANDAYANI_15004011_156_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fenomena di MTsN 03 Kabupaten Padang Pariaman, pada mata pelajaran IPS sebagian besar siswa kelas VII belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Proses belajar mengajar masih bersifat teacher center serta penggunaan model dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperatife learning tipe make a match berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 03 Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk experiment. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 03 Kabupaten Padang Pariaman pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model cooperatife learning tipe make a match berbantuan video 80,735, lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 68,824. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t hitung i 6,0674 sedangkan t tabel pada α 0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka t hitung lebih besar dari t tabel (6,0674>2,000). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match berbantuan video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTsN 03 Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe make a match media video, IPS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:10
Last Modified: 28 Apr 2025 08:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item
View Item