Afendi, Nofrico (2017) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berbasis Stategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Sebagai Upaya Membangun Karakter di Kelas VI SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NOFRICO_EFENDI_15124041_1224_2017.pdf [thumbnail of B1_01_NOFRICO_EFENDI_15124041_1224_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NOFRICO_EFENDI_15124041_1224_2017.pdf
Download (619kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan bahan ajar membaca pemahaman yang mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa dan upaya penanaman nilai karakter pada siswa. Bahan ajar membaca pemahaman yang baik dan efektif hendaknya mampu menumbuhkan minat baca siswa,
mampu berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, mampu membantu siswa dalam penguasaan pemahaman bacaan, dan mampu meningkatkan prestasi siswa serta bisa merubah karakter pada siswa. Mengatasi permasalahan di atas, diperlukan solusi berupa pengembangan bahan ajar membaca pemahaman berbasis strategi Cooperative Reading Integrated and Composition (CIRC) sebagai upaya membangun karakter di SD. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and
development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian ini dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa, dan wawancara dengan guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa berupa penilaian karakter dan keterampilan membaca siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan penilaian dan masukan yang diberikan validator maka validitas RPP diperoleh rata 91,3 dengan kategori sangat valid. Hasil uji validitas bahan ajar diperoleh rata-rata 90 dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP diperoleh rata-rata 95,3 dengan kategori sangat praktis. Validitas angket respon guru diperoleh rata-rata 92,5 dengan kategori sangat praktis. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 90,2 dengan
kategori sangat praktis. Dilihat dari uji efektivitas, nilai karakter pada uji coba rata-rata 82,8, sedangkan pada penyebaran nilai karakter siswa rata-rata 81 dengan kategori membudaya karna karakter selalu muncul dalam selalu berulang. Pada keterampilan membaca, sewaktu uji coba rata-rata 85%, sedangkan pada penyebaran 89. Berdasarkan jabaran di atas, dapat disimpulkan bahan ajar membaca pemahaman berbasis strategi CIRC yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8514 |