Asiah, Syiti (2022) Pengembangan Media Video Tutorial Pengurutan Wajah Secara Manual pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Berbasis Aplikasi Capcut di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SYITI_ASIAH_18078058_5195_2022.pdf [thumbnail of B1_2_SYITI_ASIAH_18078058_5195_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SYITI_ASIAH_18078058_5195_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media video tutorial pada pengurutan wajah secara manual berupa video tutorial. Permasalahan ditemukan pada materi ini karena Peserta didik masih kesulitan memahami konsep-konsep pembelajaran dari buku ajar serta guru hanya mendemonstrasikan sebagian dan kegiatan penguatan wajah secara manual pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah a) Untuk mengembangkan media video tutorial pengurutan wajah secara manual b) Untuk mengetahui tingkat kevalidan dan praktikalitas media video tutorial pembuatan wajah secara manual di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini Model 4-D yang mellaui tahap yaitu: define, design, development dan desseminte.. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X KC 1 Tata kecantikan SMK 3 Negeri Padangsidimpuan ajaran 2022-2023 yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar penilaian atau angket penilaian yang digunakan untuk menguji validasi ahli materi dan ahli media serta uji praktilitas diperoleh dari respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data dengan menghitung skor penilaian media video dari angket yang diberikan dan dikategorikan sesuai dengan interprestasi yang diperoleh. Berdasarkan hasil validasi media video pembelajaran oleh ahli desain media sebesar 0,840 dengan kategori valid dan untuk validasi materi 0,846 dengan kategori valid. Sedangakan uji praktikalitas respon guru sebesar 91,6 % dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik sebesar 88,2% dengan kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka media video tutorial telah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pengurutan wajah secara manual di SMK NeGERI 3 Padangsidimpuan. Adapun saran yang peneliti berikan terkait hasil penelitian ini yang pertama kepada guru untuk dapat menggunakan media video pembelajaran ini sebagai referensi dalam pembelajaran di kelas bagi peserta didik media video ini disarankan untuk memanfaatkan video ini dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Tutorial, Pengurutan Wajah Secara Manual |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8513 |