Darwin, Charles (2011) Pendidikan dalam Penyiapan Kompetensi Perawat dan Aplikasinya di Puskesmas: Studi Eksploratif di Akademi Keperawatan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_CHARLES_DARWIN_62537_2960_2012.pdf [thumbnail of B1_1_CHARLES_DARWIN_62537_2960_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_CHARLES_DARWIN_62537_2960_2012.pdf
Download (284kB)
Abstract
Sering terjadi keluhan masyarakat terhadap pelayanan perawat di Puskesmas.
Permasalahannya diperkirakan antara lain oleh Ketuntasan Materi Kurikulum, Penyerapan
Kurikulum sewaktu mahasiswa, Motivasi Kerja Perawat dan Aplikasinya di Puskesmas.
Tujuan penelitian untuk mengungkap: 1). Hubungan Ketuntasan Materi Kurikulum dengan
Kompetensi Perawat Sewaktu Kelulusan, 2). Hubungan Kompetensi Perawat Sewaktu
Kelulusan dengan Motivasi Kerja Perawat Sewaktu di Puskesmas, 3). Hubungan Motivasi
Kerja Perawat Sewaktu di Puskesmas dengan Aplikasi Kompetensi Perawat di Puskesmas,
4). Hubungan Ketuntasan Materi Kurikulum dengan Motivasi Kerja Perawat Sewaktu di
Puskesmas, 5). Hubungan Ketuntasan Materi Kurikulum dengan Aplikasi Kompetensi
Perawat di Puskesmas, 6). Hubungan Kompetensi Perawat Sewaktu Kelulusan dengan
Aplikas Kompetensi Perawat di Puskesmas.
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Eksploratif. Penelitian ini merupakan studi korelasional untuk melihat besarnya hubungan
antar variabel-variabel. Populasi penelitian adalah seluruh perawat alumni Akademi
Keperawatan Pemerintah daerah Kab.Padang Pariaman yang berada pada 21 Puskesmas di
Kab.Padang Pariaman berjumlah 64 orang. Sampel diambil secara total sampling, sehingga
jumlah sampel sebanyak 64 orang. Instrumen berupa angket skala Likert dengan lima
opsi/pilihan jawaban, yang mencakup aspek Ketuntasan Materi Kurikulum, Kompetensi
Sewaktu Kelulusan, Motivasi Kerja, dan Aplikasi Kompetensi di Puskesmas. Teknik
pengumpulan data dengan melatih responden di Puskesmas, kemudian dibagikan angket
untuk diisi oleh masing-masing responden dan besoknya baru angket diambil kembali. Uji
Data, Uji validitas butir dianalisis dengan menggunakan teknik analisis butir sederhana
memakai program Monas Versi 12 @2009.
Hipotesis Penelitian dianalisis dengan Analisis Jalur melalui program Monas Versi
12 @ 2009. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1). terdapat hubungan signifikan Ketuntasan
Materi kurikulum dengan Kompetensi Perawat Sewaktu Kelulusan, kontribusinya 9,6%. 2).
terdapat hubungan signifikan Kompetensi Perawat Sewaktu Kelulusan dengan Motivasi
Kerja Perawat Sewaktu di Puskemas, kontribusinya 58,5%. 3). terdapat hubungan signifikan
Motivasi Kerja Perawat Sewaktu di Puskesmas dengan Aplikasinya di Puskesmas,
kontribusinya 6,1%. 4). terdapat hubungan signifikan Ketuntasan Materi Kurikulum dengan
Motivasi Kerja Perawat Sewaktu di Puskesmas, kontribusinya 8,3%. 5). tidak terdapat
hubungan signifikan Ketuntasan Materi Kurikulum dengan Aplikasinya di Puskesmas. 6).
tidak terdapat hubungan signifikan Kompetensi Perawat Sewaktu Kelulusan dengan
Aplikasinya di Puskesmas.
Dapat disimpulkan dari keseluruhan analisis tadi mempunyai hubungan dan
kontribusi yang signifikan dan tidak signifikan. Disarankan pada Pemerintah Daerah
Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Kesehatan, dosen, untuk dapat memakai hasil penelitian
ini sebagai salah satu pedoman untuk membuat penelitian atau program.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8512 |