Elva, Nikmat (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NIKMAT_ELVA_14124074_102_2017.pdf [thumbnail of B1_01_NIKMAT_ELVA_14124074_102_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NIKMAT_ELVA_14124074_102_2017.pdf
Download (594kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan utama, yaitu keterbatasan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD). LKS yang digunakan kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang aktif. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan LKS sebagai salah satu perangkat pembelajaran untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan LKS dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika semester II di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis data berupa data kualitatif, yaitu analisis hasil wawancara. Sementara itu, jenis data kuantitatif adalah data hasil validasi LKS oleh ahli. Data hasil praktikalitas LKS oleh guru dan siswa, dan data efektifitas LKS berupa data hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan tanggal 27 April-18 Mei 2016. Dari hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa pembelajaran operasi
hitung bilangan bulat dengan menggunakan LKS berbasis PBL untuk siswa kelas IV SD Negeri 36 Payakumbuh adalah valid, praktis, dan efektif. Hal tersebut dilihat dari nilai validitas LKS sebesar 90,26 dengan kriteria sangat valid. Nilai praktikalitas LKS oleh guru sebesar 87,50 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan praktikalitas LKS oleh siswa sebesar 91,7 kriteria sangat praktis. Efektivitas LKS terdiri atas penilaian aktivitas siswa secara keseluruhan dengan nilai 86,78 dengan kriteria sangat aktif dan hasil belajar siswa aspek pengetahuan dengan nilai 96,0 dengan predikat sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa LKS matematika dengan model pembelajaran berbasis PBL yang dikembangkan adalah valid,
praktis, dan efektif. LKS ini dapat digunakan untuk mengatasi keterbatasan perangkat pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:59 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8495 |