Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Topik Pengujian Hipotesis

Syafriandi, Syafriandi (2020) Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Topik Pengujian Hipotesis. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_SYAFRIANDI_12044024020_2020.pdf] Text
B1_08_SYAFRIANDI_12044024020_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Topik pengujian hipotesis merupakan materi inti yang dibahas dalam mata
kuliah Metode Statistika yang merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi
Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika di Indonesia. Hasil penelitian
pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran topik pengujian hipotesis lebih
mengutamakan prosedur perhitungan dari pada memperkuat pengetahuan
konseptual secara bersamaan. Mahasiswa lebih cenderung menghafal prosedur
baku pengujian hipotesis untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga
mengenyampingkan makna atau logika teoretis yang mendasarinya. Hal ini
mengakibatkan kurang berkembangnya kemampuan penalaran statistis
mahasiswa. Untuk itu, perlu dikembangkan Local Instructional Theory (LIT)
berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk topik pengujian hipotesis.
Pengembangan LIT ini memanfaatkan design research yang menggabungkan
model pengembangan Plomp dan model Gravemeijer and Cobb. Model Plomp
menggunakan tiga fase utama yaitu (1) fase penelitian pendahuluan (preliminary
research); (2) fase pengembangan atau prototipe dengan serangkaian evaluasi
formatif berupa self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small
group; dan (3) fase penilaian berupa field test. Pada fase pengembangan
dimanfaatkan model Gravemeijer & Cobb berupa (1) fase persiapan percobaan;
(2) fase uji coba desain di kelas; dan (3) fase analisis retrospektif. Subjek yang
digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester III Program Studi
Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, wawancara,
observasi, penyebaran angket, dan tes. Penelitian ini menghasilkan LIT berbasis
RME untuk topik pengujian hipotesis yang diimplementasikan menggunakan
buku panduan dosen dan buku panduan kegiatan mahasiswa yang (1) valid,
dengan karakteristik sesuai dengan kebutuhan, memanfaatkan konsep pengujian
hipotesis yang benar, komponen-komponen desain pembelajaran saling terkait
satu sama lain secara konsisten, dan desain pembelajaran memuat komponen HLT
serta memenuhi karakteristik RME; (2) praktis, dengan karakteristik dapat
digunakan, mudah digunakan, dan memiliki daya tarik yang sangat baik; dan (3)
efektif, bahwa LIT yang dikembangkan berdampak terhadap peningkatan
kemampuan penalaran statistis mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Local Instructional Mathematics Education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:59
Last Modified: 28 Apr 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item
View Item