Fatmasari, Nia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NIA_FATMASARI_19155015_19155015_3212_2023.pdf [thumbnail of B1_01_NIA_FATMASARI_19155015_19155015_3212_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NIA_FATMASARI_19155015_19155015_3212_2023.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Hal ini terlihat pada hasil ujian tengah semester yang diperoleh siswa, hasil observasi, wawancara dengan guru PAI SMAN V Koto Kampung Dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan
berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman dan untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN V Koto Kampung Dalam yang berjumlah 248 orang peserta didik dan terdiri dari kelas 9 kelas. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan nilai yang memiliki rata-rata yang hampir sama. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 3 eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kemampuan berpikir kritis dan dan tes pembelajaran PAI. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji t dan uji anava. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan (1) hasil belajar PAI peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran
berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model konvensional, (2) hasil belajar peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tinggi yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tinggi diajar dengan model pmebelajaran konvensional, (3) hasil belajar peserta didik yang memiliki
kemampuan berpikir rendah yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir rendah diajar dengan model pembelajaran konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar PAI peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:57 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8488 |