Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem serta Aspirasi Karir: Studi Eksperimen di Kelas X SMK Negeri 5 Padang

Maharani, Citra Abriani (2011) Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem serta Aspirasi Karir: Studi Eksperimen di Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_CITRA_ABRIANI_MAHARANI_51376_2988.pdf] Text
B1_1_CITRA_ABRIANI_MAHARANI_51376_2988.pdf

Download (126kB)

Abstract

Self esteem dan aspirasi karir yang rendah dapat menghambat tugas
perkembangan remaja, antara lain pemilihan dan persiapan karir. Bimbingan
kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan self esteem dan aspirasi karir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas layanan bimbingan
kelompok dalam meningkatkan self esteem dan aspirasi karir.
Sebuah penelitian eksperimental dengan rancangan
pretest and
posttest control group design digunakan untuk menguji apakah layanan
bimbingan kelompok dapat meningkatkan self esteem dan aspirasi karir menjadi
lebih baik. Dua kelompok dipilih menggunakan purposive sampling yang
terpilih dari SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 1 Padang. Masing-masing
kelompok terdiri dari 15 siswa. layanan bimbingan kelompok pada kelompok
eksperimen diadakan selama enam kali pertemuan. Data tentang self esteem dan
aspirasi karir dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis
dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov
Two Sampel dengan bantuan SPSS versi 17.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara self esteem dan aspirasi karir siswa pada pretest dan posttest
siswa kelompok eksperimen. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan
antara self esteem dan aspirasi karir siswa pada pretest dan posttest siswa
kelompok kontrol. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem
dan aspirasi karir siswa pada posttest kelompok kontrol dengan posttest
kelompok eksperimen.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa self esteem dan
aspirasi karir dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok. Penelitian ini
menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan frekuensi penggunaan layanan
bimbingan kelompok di sekolah yang disertai dengan adanya pengawasan dari
guru dan konselor sehingga dapat meningkatkan self esteem dan aspirasi karir
siswa. Perlu dilakukan penelitan yang serupa akan tetapi dilatarbelakangi
oleh konteks yang berbeda agar dapat membandingkan temuan dari hasil
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:56
Last Modified: 28 Apr 2025 07:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8483

Actions (login required)

View Item
View Item