Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Blok Dienes pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D IV C SLBN Talawi Sawahlunto: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D IV C SLBN Talawi Sawahlunto

Novembris, Syafris (2012) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Blok Dienes pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas D IV C SLBN Talawi Sawahlunto: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D IV C SLBN Talawi Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SYAFRIS_NOVEMBRIS_58483_4502_2012.pdf] Text
B1_2_SYAFRIS_NOVEMBRIS_58483_4502_2012.pdf

Download (830kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dimana tunagrahita kelas D IV C mengalami kesulitan dalam memahami nilai tempat bilangan, selama ini usaha yang dilakukan guru dalam membelajarkan anak menggunakan media sempoa dan media lidi namun ternyata usaha guru belum mendatangkan hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan memahami nilai tempat bilangan melalui media blok dienes di kelas D IV C SLBN Talawi sawahlunto. Hal ini disebabkan media yang digunakan belum mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep nilai tempat bilangan anak tunagrahita ringan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan pada anak tunagrahita ringan. Metodelogi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk berkolaborasi. Tindakan ini dilakukan kepada dua orang anak yang menjadi subjek penelitian yaitu anak tunagrahita ringan kelas D IV C SLBN Talawi Sawahlunto. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I yang dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan dalam proses pembelajaran yang dimulai dari anak memperhatikan media blok dienes setiap lempengan (ratusan, puluhan dan satuan), menentukan nilai tempat (ratusan, puluhan dan satuan) dan menempatkan sesuai dengan nilai tempat (ratusan, puluhan dan satuan) dan menuliskan nilai tempat bilangan (ratusan, puluhan dan satuan). Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa AH sebelum di beri tindakan mendapatkan nilai 30% diakhir siklus I mendapatkan nilai 62% dan pada siklus II mendapat nilai bisa memahami nilai tempat bilangan 77%, dan AR sebelum diberi tindakan memperoleh nilai 20% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I memperoleh nilai 54% dan pada akhir pelaksanaan siklus II mendapatkan nilai 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media blok dienes dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep nilai tempat bilangan bagi anak tunagrahita ringan. Disarankan pada sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan media blok dienes dalam memahami konsep nilai tempat bilangan pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Tempat Bilangan, Media Blok Dienes, Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:18
Last Modified: 28 Apr 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item
View Item