Hertiwi, Tesa (2022) Pengembangan E-Modul untuk Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah pada Materi Hakikat Karya Tulis Ilmiah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TESA_HERTIWI_16031065_700_2022.pdf [thumbnail of B1_3_TESA_HERTIWI_16031065_700_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TESA_HERTIWI_16031065_700_2022.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kurangnya minat mahasiswa membaca bahan ajar yang tersedia dan kurangnya kemandirian mahasiswa dalam belajar. Hal ini disebabkan oleh tidak tersedianya media belajar yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian bbelajar mahasiswa. Oleh sebab itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembangkan modul yang digunakan kapan saja dan di mana saja untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar mahasiswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari e-modul pada mata kuliah Penulisan Karya ilmiah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D Models, yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 validator, 1 dosen mata kuliah, dan 26 mahasiswa untuk Penulisan Karya Ilmiah di Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang. Data penelitian adalah data primer yang terdiri dari validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket Uji Validitas dan Uji Kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa e-modul pembelajaran biologi pada mata kuliah penulisan karya ilmiah. Hasil dari penelitian berupa E-modul Penulisan Karya Ilmiah untuk jurusan Biologi FMIPA UNP pada materi Hakikat Penulisan Karya Ilmiah dengan ratarata nilai validitas yaitu 83,10%. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh dosen mata kuliah dan mahasiswa mendapatkan nilai rata-rata 82,29% dan 84,72%. Berdasarkan nilai dapat disimpulkan bahwa E-Modul Penulisan Karya Ilmiah untuk jurusan Biologi FMIPA UNP dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-modul, Penulisan Karya Imiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8458 |