Efektifitas Layanan Informasi Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Junjung Sirih

Yalisma, Neci (2021) Efektifitas Layanan Informasi Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Junjung Sirih. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NECI_YALISMA_17151034_1775_2022.pdf] Text
B1_01_NECI_YALISMA_17151034_1775_2022.pdf

Download (653kB)

Abstract

Kecerdasan emosional siswa yang rendah merupakan permasalahan yang penting untuk diperhatikan bagi pendidik. Kecerdasan emosional siswa harus ditingkatkan karena dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa ini yaitu memberikan layanan informasi menggunakan metode problem based learning. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kondisi hasil pretest dan posttest kecerdasan emosional siswa kelas X, 2) mendeskripsikan kondisi hasil pretest dan posttest kecerdasan emosional siswa kelas XI, 3) menganalisis efektivitas layanan informasi menggunakan metode problem based learning untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre
eksperimental designs dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa untuk kelompok eksperimen pada kelas X dan 30 siswa untuk kelas XI, penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik nonparametrik. Hasil kecerdasan emosional menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan kecerdasan emosional siswa antara kelompok eksperimen sebelum dan setelah dilaksanakan perlakuan layanan informasi menggunakan metode problem based learning pada kelas X, 2) terdapat peningkatan kecerdasan emosional siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan layanan informasi tanpa metode problem based learning pada kelas XI. 3) terdapat peningkatan yang signifikan tingkat kecerdasan emosional siswa antara kelas X yang diberikan
layanan informasi menggunakan metode problem based learning dengan kelas XI yang diberikan layanan informasi tanpa metode problem based learning. Dengan demikian, layanan informasi menggunakan metode problem based learning efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:18
Last Modified: 28 Apr 2025 03:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item
View Item