Yenni, Tati Sunarti (2013) Teaching Reading Through Free Voluntary Reading (FVR) Strategy at Junior High School. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_TATI_SUNARTI_YENNI_77091_1026_2013.pdf [thumbnail of B1_3_TATI_SUNARTI_YENNI_77091_1026_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_TATI_SUNARTI_YENNI_77091_1026_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dalam proses mengajar banyak strategi pengajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa memahami pelajaran dan memudahkan proses belajar mengajar. Dengan hal ini maka penulis tertarik untuk membahas strategi pengajaran reading dengan menggunakan suatu strategi pengajaran yaitu mengajarkan reading melalui strategi membaca sukarela atau bebas di SLTP, yang mana siswa memilih bahan bacaannya sesuai dengan tingkat, keinginan, kepentingan dan ketertarikannya. Dengan memilih bacaan yang mereka sukai dengan cara seperti itu akan dapat membantu siswa menyukai pelajaran bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca khususnya (Reading) yang selama ini kebanyakan siswa di sekolah kurang menyukai pelajaran bahasa Inggris tersebut. Oleh sebab itu motivasi siswa menjadi kurang dan membuat pelajaran bahasa Inggris itu membosankan dan tidak menyenangkan dan ada pula yang membuat pelajaran bahasa Inggris menjadi sangat menakutkan sehingga bisa membuat siswa tidak mau mengikuti pelajaran bahasa Inggris di dalam kelas. Dalam mengimplementasikan strategi ini, guru harus mempersiapkan seperti: bahan ajar (preparation) dan menyusun langkah-langkah pengajaran. Pada kegiatan awal, guru memberitahu siswa bahwa mereka akan membahas tentang teks narative melalui bacaan seperti komik dan guru memancing pengetahuan mereka tentang narrative teks mealui komik itu. Pada kegiatan inti,guru memperlihatkan contoh komik kepada siswa dan kemudian guru melakukan tanya jawab mengenai bahan bacaan tersebut kepada siswa. Pada akhir pembelajaran, guru membaca teks narative dan siswa akan mendengarkan beberapa kesalahan dan memperbaikinya. Guru kemudian mengulang point-point penting dengan memberikan penjelasan tambahan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Free Voluntary Reading, Teaching Reading |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:17 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8442 |