Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi pada Mata Kuliah Organisasi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi

Kosassy, Siti Osa (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kompetensi pada Mata Kuliah Organisasi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_SITI_OSA_KOSASSY_15169052_2176_2020.pdf] Text
B1_08_SITI_OSA_KOSASSY_15169052_2176_2020.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui pada proses
pembelajaran Organisasi Manajemen. Peneliti menemukan bahwa dalam proses
pembelajaran mata kuliah organisasi manajemen belum mampu mengoptimalkan
kemampuan berfikir peserta didik sehingga pembelajaran berjalan secara monoton.
Hal ini tentu berdampak pada kemampuan peserta didik dalam memahami materi
pembelajaran dan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses
pembelajaran.Melalui penelitian ini dikembangkanlah sebuah model pembelajaran
kontekstual berbasis kompetensi dalam mata kuliah Organisasi Manajemen. Model ini
selanjutnya disebut dengan model pembelajaran KOBEKO. Tujuan pengembangan
model KOBEKO ini adalah membantu pendidik untuk mengembangkan potensi
mereka dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pengembangan
model ini mengikuti model ADDIE. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara,
dan tes untuk memahami dan menerapkan prinsip model pembelajaran KOBEKO ini.
Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sehingga diperoleh
buku model pembelajaran KOBEKO, buku pedoman kerja dosen (PKD), dan buku
pedoman kerja mahasiswa (PKM). Model ini diuji validitas, praktikalitas, dan
efektifitasnya oleh para ahli; Organisasi Manajemen, ahli desain pembelajaran, ahli
bahasa dan penggunanya. Hasil pengembangan terdiri dari (1) buku model
pembelajaran KOBEKO, (2) buku pedoman kerja dosen (PKD), dan (3) buku
pedoman kerja mahasiswa (PKM) yang valid, efektif, dan praktis. Buku model ini
dapat digunakan oleh dosen/pendidik dalam membantu peserta didik mengoptimalkan
kemampuan mereka, memaknai pembelajaran serta aktif dan kritis. Penelitian ini juga
membuktikan bahwa model KOBEKO lebih efektif dibanding model konvesional
yang sering digunakan oleh dosen/pendidik. Dengan demikian model KOBEKO ini
dapat dijadikan salah satu model dalam pembelajaran Organisasi Manajemen di
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:17
Last Modified: 28 Apr 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item
View Item