Harahap, Sinar Depi (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Meta-Inquiry Pada Mata kuliah Teori Bilangan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_SINAR_DEPI_HARAHAP_14169025_384_2021.pdf [thumbnail of B1_08_SINAR_DEPI_HARAHAP_14169025_384_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_SINAR_DEPI_HARAHAP_14169025_384_2021.pdf
Download (692kB)
Abstract
Tantangan kelulusan mahasiswa bagi perguruan tinggi, khususnya
Program Studi Matematika adalah menyiapkan generasi sarjana yang memiliki
kemampuan matematika. Model pembelajaran yang belum optimal, menyebabkan
kemampuan matematis mahasiswa rendah, salah satunya terlihat pada rendahnya
kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah teori bilangan. Tujuan penelitian ini
untuk mengembangkan model pembelajaran meta-inquiry yang valid, praktis, dan
efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan model Plomp.
Produk yang dikembangkan berupa model pembelajaran meta-inquiry beserta
komponen pendukungnya. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi
produk, lembar kepraktisan produk, tes, lembar observasi, dan angket. Penelitian
menggunakan evaluasi Tessmer. Data dianalisis melalui metode kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran meta-inquiry terdiri dari
tujuh sintak yaitu orientasi masalah, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis,
mengumpulkan informasi, menguji hipotesis, mengevaluasi kemajuan, dan
menyimpulkan. Hasil uji validitas produk diperoleh kriteria validitas tinggi. Hasil
uji praktikalitas diperoleh validitas tinggi. Hasil uji efektivitas penelitian adalah
model pembelajaran meta-inquiry efektif meningkatkan kemampuan matematis
mahasiswa, peningkatan efektifnya berada pada kategori tinggi. Dampak
pengiring penggunaan model dapat meningkatkan aktivitas, minat dan sikap
belajar teori bilangan mahasiswa. Sebagai simpulan, dengan mpenggunakan
model pembelajaran meta-inquiry yang valid, praktis, efektif secara signifikan
dapat meningkatkan metakognisi dan kemampuan matematis mahasiswa
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Teori Bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:14 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8433 |