Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Karakter di SMA Negeri 8 Padang

Ayunda, Tara Fitri (2013) Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Karakter di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_TARA_FITRI_AYUNDA_13265_3491_2013.pdf] Text
B1_3_TARA_FITRI_AYUNDA_13265_3491_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tengah gencarnya sosialisasi Pendidikan Karakter, yang bertujuan untuk membina kepribadian genarasi muda yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Namun fakta sekarang menunjukkan mata pelajaran yang memmiliki peran besar dalam pembinaan karakter, seperti Pendidikan Kewarganegaraan cenderung mendapatkan porsi pembelajaran yang lebih sedikit dibandingkan mata pelajaran sains. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan karakter di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Jenis datanya data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa peranan PKn sebagai pendidikan karakter dapat dilihat dari materi PKn yang dibelajarkan di kelas yang mengandung esensi nilai-nilai karakter di dalamnya. Implementasi nilai-nilai karakter juga terlihat mulai dari rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru, proses pembelajaran, dan penilaian. Namun, dalam implementasi nilai-nilai karakter, guru PKn SMA Negeri 8 Padang masih menemui beberapa kendala, seperti nilai-nilai karakter yang telah tercantum di dalam RPP belum terintegrasi sepenuhnya ke dalam skenario pembelajaran, guru masih kesulitan dalam menentukan nilai-nilai karakter yang berkaitan dengan materi yang akan dibelajarkan, melaksanakan penilaian, jam pelajaran PKn yang terlalu singkat dan siswa yang cenderung tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:12
Last Modified: 28 Apr 2025 03:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item
View Item