Marlina, Serli (2023) Pengembangan Model Stimulasi Perilaku Pro-Sosial Berbasis Behavior Problem Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_SERLI MARLINA_19169045_8253_2023.pdf [thumbnail of B1_08_SERLI MARLINA_19169045_8253_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_SERLI MARLINA_19169045_8253_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku anak seperti perilaku
bullying, anak tidak menghargai orangtua, tidak bekerjasama, tidak empati terhadap
teman dan kecendrungan yang muncul pada stimulasi perilaku pro-sosial dilakukan
melalui pembelajaran kooperatif, bermain peran, bermain dengan permainan
tradisional, menggunakan media dan melalui kegiatan pembiasaan. Stimulasi ini
memiliki keterbatasan yakni hanya bisa dilakukan pada kondisi tertentu saja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model stimulasi perilaku prososial
yang valid, praktis, dan efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial
anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model
ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Subjek uji coba kelompok kecil adalah siswa kelompok B TK
Pembangunan UNP dan skala besar pada siswa TK Pertiwi Gubernur Padang.
Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Validitas rancangan
awal buku model SPS-BP dan buku panduan guru dilakukan dengan mencari
koefisien indeks Aiken dari penilaian tim validator. Formula Aiken’s (V) dipakai
untuk menghitung koefisien validitas konten berdasarkan hasil penilaian dari tim
ahli terhadap produk penelitian. Analisis data berikutnya menggunakan uji
praktikalitas dengan uji Mann whitney U. Dan hasil uji efektivitas diolah dengan uji
perbedaan (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil analisis kebutuhan menegaskan bahwa sangat dibutuhkan proses
stimulasi yang tepat dalam stimulasi perilaku pro-sosial anak. Analisis kurikulum
dan analisis pembelajaran pengembangan keterampilan sosial di TK meliputi
perilaku sabar, simpati dan empati, menghargai teman, berbagi, bekerjasama dalam
kelompok serta perilaku akrab yang terlihat dalam proses bermain. Hasil analisis
terhadap siswa, model stimulasi perilaku yang dikembangkan telah sesuai dengan
kondisi siswa. Hasil desain produk dari penelitian ini adalah buku model dan buku
panduan untuk guru. Hasil validitas buku model secara keseluruhan diperoleh nilai
0,84 dengan makna interpretasi sangat valid. Dan hasil analisis data penilaian tim
validator terhadap buku Model SPS-BP diperoleh nilai ICC sebesar 0,982 (reliabel
sangat baik). Penilaian buku panduan guru dengan rata-rata penilaian 0,87 (sangat
valid). Hasil analisis data penilaian tim validator terhadap buku panduan guru ini
diperoleh nilai ICC sebesar 0,962 (sangat baik). Hasil implementasi, diperoleh dari
hasil uji praktikalitas dan uji efektivitas. Hasil praktikalitas buku model SPS-BP
adalah 22,7 dengan rata-rata 4,54 (sangat praktis). Penilaian praktikalitas panduan
guru sebanyak 22,4 dengan rata-rata 4,48(sangat praktis). Hasil uji efektivitas
dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata nilai post
testnya adalah 24,9 lebih tinggi dari kelas kontrol yakni 23 artinya model ini dapat
menstimulasi keterampilan sosial. Hasil uji Mann whitney U diperoleh nilai 0,03
xiii
atau < 0,05 maka terdapat pengaruh signifikan dari perlakuan. Hasil penilaian pada
tahap evaluasi terhadap validitas, praktikalitas dan efektivitas buku model dan
panduan guru menunjukkan bahwa buku model dan panduan guru yang
dikembangkan telah terbukti valid, praktis dan efektif untuk digunakan oleh guru
TK
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Stimulasi Perilaku Pro-Sosial Behavior Problem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:11 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8425 |