Khairi, Syofwan (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SYOFWAN KHAIRI_0003_2013.pdf [thumbnail of B1_3_SYOFWAN KHAIRI_0003_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SYOFWAN KHAIRI_0003_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang pembelajaran TI&K di SMP N 16 Padang, proses pembelajaran TIK kurang berjalan dengan baik karena kurangnya variasi dalam proses pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa kurang, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Untukhal tersebut maka digunakanlah metode belajar aktif Tipe Quiz Team dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan metode belajar aktif Tipe Quiz Team terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TI&K. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatanquasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 16 Padang yang berjumlah 252 orang yang terdiri dari 8 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposivesampling, yaitu kelas VII.6 dan VII.8 masing-masing kelas siswanya berjumlah 31 dan 30 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan tes, dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan metode belajar aktif Tipe Quiz Team75,64 dengan standar deviasi (SD) 15,26 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode belajar aktif Tipe Quiz Team 67,67 dengan standar deviasi (SD) 12,57. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,1928 pada taraf kepercayaan 0,05 t-tabel adalah 2,000, jadi t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode belajar aktif Tipe Quiz Team berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dikelas VII SMP N 16 Padang pada taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Belajar, Tipe Quiz Team, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:08 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8419 |