Teaching Writing a Hortatory Exposition Text through Project-Based Writing.

Wahyuni, Elvi (2010) Teaching Writing a Hortatory Exposition Text through Project-Based Writing. Bachelor/Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[thumbnail of B1_ELVI_WAHYUNI_67470_1698_2011.pdf] Text
B1_ELVI_WAHYUNI_67470_1698_2011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan salah satu teknik pengajaran writing/ menulis hortatory exposition text yaitu project-based writing technique. Teks hortatory exposition termasuk ke dalam expository text di mana penulis menyampaikan argumen-argumennya tentang topik yang sedang dibahas. Argumen tersebut diperkuat dengan memberikan bukti-bukti nyata. Pada teks hortatory exposition, penulis mengakhiri tulisannya dengan memberikan saran atau rekomendasi untuk penyelesaian masalah tersebut. Teks horatory exposition ini dipelajari oleh siswa SMA kelas II. Siswa diperkenalkan dan diberi informasi mengenai teks hortatory exposition dan setelah itu diharapkan mampu menghasilkan sebuah teks hortatory exposition yang benar. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan menghasilkan sebuah teks hortatory exposition yang bagus. Mereka terkendala dengan pengembangan ide, organisasi teks dan juga ciri kebahasaannya. Kurang tepatnya teknik pengajaran yang digunakan guru mata pelajaran bisa menjadi salah satu penyebabnya. Berdasarkan permasalahan di atas, pada makalah ini dibahas salah satu teknik pengajaran menulis teks hortatory exposition yaitu project-based writing technique. Dalam penerapan teknik ini, pertama, siswa akan dibagi kedalam kelompok yang beranggotakan maksimal empat orang. Kemudian masing- masing kelompok berdiskusi untuk menemukan topik yang menarik bagi mereka. Setelah mendapatkan sebuah topik, sebagai proyeknya, setiap anggota kelompok bekerjasama mencari informasi-informasi tentang topik yang mereka pilih yang nantinya akan mendukung argumen mereka dalam menulis teks ini. Setelah mendapatkan informasi yang cukup, siswa mulai menulis teks hortatory exposition. Dengan menggunakan teknik ini, siswa akan lebih memahami apa yang mereka buat karena topik yang diangkat berhubungan langsung dengan kehidupan mereka. Siswa pun akan secara aktif mencari informasi yang berhubungan dengan dengan topik yang mereka pilih. Dengan meningkatnya motivasi siswa untuk menulis diharapkan tulisan yang mereka hasilkan akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 05 Feb 2025 09:07
Last Modified: 05 Feb 2025 09:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item
View Item