Sari, Maizeni Indah (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII Dengan Beragam Jenis Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Al-Azhar Bukittinggi (Deskriptif Kualitatif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MAIZENI_INDAH_SARI_15003161_1172_2022.pdf [thumbnail of B1_2_MAIZENI_INDAH_SARI_15003161_1172_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MAIZENI_INDAH_SARI_15003161_1172_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pelaksanaan pembelajaran
IPA dikelas VII dengan beragam jenis kebutuhan khusus yang mana dikelas
terdapat anak tunanetra, tunagrahita, dan tunarungu. Dimana biasanya
disekolah luar biasa pada umumnya, anak-anak ditempatkan dalam satu kelas
yang mana mempunyai kebutuhan khusus yang sama, agar proses
pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan teratur sehingga guru dapat
melaksanakan metode serta dapat menggunakan media dengan baik dan benar
yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak dan anak-anak pun dapat belajar
dengan kondusif serta fokus dalam pembelajarannya karena didukung dengan
metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan khususnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang bermaksud
memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian,
misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik
dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu
konteks khusus yang alamiah serta memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal terkait dengan
pelaksanaan pembelajaran IPA kelas VII dengan beragam jenis anak
berkebutuhan khusus. Pertama yaitu terkait dengan pelaksanaan kegiatan
awal yang terbagi dalam pengelolaan kelas, apersepsi dan juga penyampaian
tujuan pembelajaran. Pengelolaan kelas dilakukan guru dengan
mengkondisikan siswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang
dimilikinya. Sedangkan penyampaian apersepsi dan juga penyampaian tujuan
pembelajaran dilakukan dengan menulis langsung di papan tulis dan juga
menyampaikannya secara lisan serta tanya jawab dengan siswa mengenai
tujuan pembelajaran pada hari itu.
Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan inti dalam pembelajaran IPA di
kelas VII ini yaitu meliputi materi, metode, media dan strategi pembelajaran.
Berdasarkan yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya guru kelas VII di
dalam pelaksanaan pembelajaran IPA ini, penyajian materi yang diberikan
oleh guru Y sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak serta
juga mengkaitkannya dengan mata pelajaran lainnya. Penggunaan metode dan
strategi pembelajaran yang bervariasi membuat partisipasi dan minat belajar
siswa tumbuh dan berkembang.Sedangkan dalam kegiatan akhir dalam
pembelajaran IPA di kelas VII ini yaitu dalam penilaian atau evaluasinya.
Penilaian dalam proses pembelajaran sangat diutamakan oleh guru Y. Nilai
diambil lebih banyak pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, ILMU PENGETAHUAN ALAM, ANAK BERKEBUTUHAN KHUSU |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:57 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8399 |