Maizar, Maizar (2016) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kosep Satuan Berat Melalui Media Puzzle Kotak Bagi Anak Tunarungu di Kelas D.IV SLBN Center Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MAIZAR_1308678_474_2016.pdf [thumbnail of B1_2_MAIZAR_1308678_474_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_MAIZAR_1308678_474_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Menanamkan konsep belajar pada anak didik akan dirasakan manfaatnya apabila 
cara penyampaiannya menggunakan media pembelajaran (alat peraga belajar) yang 
tepat. Pemilihan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi ajar akan 
memudahkan anak memahami materi. Penggunaan media pembelajaran ini berlaku 
untuk semua mata pelajaran di sekolah tidak terkecuali untuk mata pelajaran 
Matematika. 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang nampak di lapangan 
yaitu pada tiga orang anak tunarungu kelas D.IV di SLB Negeri Center Payakumbuh 
yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep satuan berat. Hal ini terlihat dari 
kemampuan awal anak dalam memahami yaitu S, F, dan DN mengalami kesulitan 
pada sejumlah soal yang diberikan ketiga anak tersebut belum dapat menjawab 
dengan benar. 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak tunarungu 
dalam mengenal konsep satuan berat melalui media puzzle kotak. Media Puzzle 
Kotak merupakan media yang berfungsi memudahkan pemahaman konsep satuan 
berat. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas 
(Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaborator dengan teman 
sejawat. Peneliti bertindak sebagai pelaksana kegiatan sedangkan teman sejawat 
bertindak sebagai pengamat yang bertugas mengamati dan menuliskan laporan hasil 
pengamatan selama kegiatan berlangsung. Subjek penelitian adalah tiga orang anak 
tunarungu kelas dasar empat (D.IV/B) di SLB Negeri Center Payakumbuh. 
Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus pertama sudah terlihat 
peningkatan pada anak dalam mengenal konsep satuan berat, yang mana DN, F, dan S 
mampu mengerjakan soal-soal namun masih ada kesalahan-kesalahan. Pada siklus 
kedua, kedua anak tersebut sudah memahami konsep satuan berat sehingga soal-soal 
yang ada dapat diselesaikan dengan tepat. 
Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media puzzle kotak 
dapat meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam mengenal konsep satuan 
berat. Disarankan kepada guru kelas atau guru mata pelajaran Matematika bahwa 
dalam mengajarkan konsep satuan berat adalah dengan menggunakan media 
pembelajaran, salah satunya media puzzle kotak
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:56 | 
| Last Modified: | 28 Apr 2025 02:56 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8393 | 
 
         