Elida, Fitriya (2013) Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas III SD N 03 Sungai Abu Kecamatan Hiliran Gumanti. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FITRYA_ELIDA_1104335_6322_2013.pdf [thumbnail of B1_1_FITRYA_ELIDA_1104335_6322_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FITRYA_ELIDA_1104335_6322_2013.pdf
Download (558kB)
Abstract
Pembelajaran Tematik adalah pembelajaran menggunakan tema untuk
mengaitkan beberapa mata pelajaran dengan pengalaman dunia nyata kehidupan
sehari-hari peserta didik. Berdasarkan kenyataan di lapangan, pembelajaran
tematik di kelas awal SD belum terlaksana sebagaimana mestinya. Akibatnya
perkembangan keterampilan sosial peserta didik belum dapat dikembangkan
secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan Pembelajaran
Tematik dengan model pembelajaran cooperative tipe STAD di kelas III SDN 03
Sungai Abu Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK
dilaksanakan dalam proses berdaur (cylical) yang terdiri dari empat tahapan yaitu:
planning, action, observation, dan reflection. Penelitian ini berlokasi di SDN 03
Sungai Abu Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Subyek penelitian
peserta didik kelas III yang berjumlah 16 orang. Data penelitian dikumpulkan
melalui observasi, catatan lapangan dideskripsikan dan interpretasikan kemudian
direfleksikan untuk melakukan tindakan pada siklus berikutnya.
Keefektifan pembelajaran tematik dengan menggunakan model
cooperative tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran tematik disebabkan
karena pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian, melalui proses kegiatan awal, inti dan akhir. Peningkatan ini terlihat
dari hasil pembelajaran pada siklus I, rata-rata nilai peserta didik pada mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah 71,87, IPA adalah 73,43, dan IPS adalah 65,75.
Pada siklus II rata-rata nilai peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia
adalah 79,68, IPA adalah 80 dan IPS adalah 78,12. Pada siklus III rata-rata nilai
peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 90, IPA adalah 91,15
dan IPS adalah 90,96. Dengan demikian pembelajaran tematik dapat ditingkatkan
dengan menggunakan model cooperative tipe STAD
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:52 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8390 |