Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Pembelajaran Quantum Learning Bagi Anak Tunagrahita Kelas IV di SLB Bina Bangsa

Intan, Novica Zeni (2019) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Pembelajaran Quantum Learning Bagi Anak Tunagrahita Kelas IV di SLB Bina Bangsa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NOVICA_ZENI_INTAN_15003022_5375_2019.pdf] Text
B1_2_NOVICA_ZENI_INTAN_15003022_5375_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita kategori ringan. Diawali dengan studi pendahuluan yang dilakukan di SLB Bina Bangsa Padang di kelas IV/C dimana satu orang siswa berinisial BU yang mengalami permasalahan dalam membaca permulaan. Terlihat
saat peneliti melakukan pengamatan pada satu kelas dimana terdapat dua orang siswa. Saat melakukan proses identifikasi di kelas IV/C tersebut penulis menemukan seorang siswa yang berinisial BU yang mengalami kesulitan membaca.
Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kondisi baseline (A 1) yaitu kemampuan awal anak dalam membaca kata sebelum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) kondisi dimana anak diberikan perlakuan dengan menggunakan metode quantum
learning. Sedangkan baseline (A 2 ) kemampuan anak setelah diberikan intervensi/perlakuan. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam membaca kata. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data). Pada kondisi baseline (A 1 ) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kata dengan mean level yaitu 8, pada kondisi intervensi (B) dengan
mean level 60,625 dan pada kondisi baseline (A 2 ) dengan mean level 83,75. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, cecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan mengunakan metode quantum learning yaitu meningkat/positif. Persentase Overlape data pada kondisi baseline (A 1) 0%, dan kondisi baseline (A 2) adalah 0,125%. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti metode quantum learning dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita kelas IV/C di SLB Bina Bangsa Padang. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat mengunakan metode
quantum learning untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tungrahita.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:51
Last Modified: 28 Apr 2025 02:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item
View Item