Fornandes, Ricki (2013) Pelaksanaan Silabus IPS Materi Sejarah di SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RICKI_FORNANDES_89186_2861_2013.pdf [thumbnail of B1_2_RICKI_FORNANDES_89186_2861_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RICKI_FORNANDES_89186_2861_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar
Proses dan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik
dan Kompetensi guru, mewajibkan setiap guru mengembangkan silabus sesuai
dengan mata pelajaran. Silabus yang disusun oleh guru IPS belum lengkap,
tidak memperhatikan struktur ilmu sejarah.Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan guru mata pelajaran IPS dalam mengembangkan
silabus materi sejarah di SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang
Pariaman. Guru IPS dalam mengembangkan silabus materi sejarah meliputi:
mengembangkan indikator pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, penilaian pembelajaran dan sumber belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
Kualitatif tipe Evaluatif. Informan penelitian ini adalah guru – guru IPS, Kepala
Sekolah, dan wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan dua cara yaitu: studi dokumentasi dan wawancara.
Teknik analisis data melalui langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru IPS di SMP Negeri 1 Batang
Anai masih kesulitan dalam mengembangkan indikator yang menggambarkan
fakta sejarah, indikator yang menggambarkan perubahan peristiwa sejarah
secara tuntas, materi berdasarkan kesatuan topik, kegiatan pembelajaran,
penilaian dan media pembelajaran sejarah. Jadi, dari beberapa guru hanya
mencontoh silabus yang ada, serta kurangnya sarana pembelajaran di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar guru IPS di SMP Negeri 1 Batang Anai masih belum sesuai dengan
ketentuan dalam mengembangkan silabus materi pembelajarann sejarah. Oleh
karena itu hendaknya guru IPS membangun kembali MGMP sehingga
penyusunan silabus bisa secara bersama – sama. Selain itu, guru IPS juga harus
bisa mencari referensi data dan media pembelajaran sejarah sebagai solusi
keterbatasannya di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:49 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8377 |