Andriani, Sutri (2016) Pengembangan Buku Saku Berbasis Gambar Tentang Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan untuk Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SUTRI_ANDRIANI_1205613_3557_2016.pdf [thumbnail of B1_3_SUTRI_ANDRIANI_1205613_3557_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SUTRI_ANDRIANI_1205613_3557_2016.pdf
Download (9MB)
Abstract
Bahan ajar tertulis masih kurang dipahami dan kurang menarik bagi siswa sehingga diperlukan suatu pengembangan.Penyajian materi dengan menggunakan gambar menjadi solusi dari permasalah tersebut, sehingga penyajian materi menjadi lebih termotivasi, menarik, dan mudah dipahami siswa. Selain itu, ukuran bahan ajar yang besar, tebal, dan berat menyebabkan siswa malas membawanya saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang ukurannya kecil, ringan, dan praktis salah satunya adalah buku saku. Pemahaman siswa terhadap materi biologi khususnya struktur dan fungsi jaringan hewan masih dianggap sulit karena banyak pembagian jaringan hewan.Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan buku saku berbasis gambar tentang materi struktur dan fungsi jaringan hewan yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan tiga tahap dari 4-D models, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang validator, 2 orang guru, dan 31 siswa kelas XI SMA Negeri 13Padang. Data penelitian adalah data primer yang terdiri dari data validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Dari penelitian dihasilkan produk berupa buku saku berbasis gambar tentang materi struktur dan fungsi jaringan hewan untuk siswa SMA. Buku saku yang dihasilkan dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikan dengan nilai rata-rata 83,43% dikategorikanvalid.Buku saku yang dihasilkan dari segi kemudahan penggunaan, pemahaman terhadap konsep materi, waktu pembelajaran, dan minat siswadengan nilai rata-rata 87,50% oleh guru dan nilai rata-rata 82,90% oleh siswa dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku yang dihasilkan telah memiliki kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Saku, Jaringan Hewan, Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:47 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8375 |