Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Fotosintesis untuk Sekolah Menengah Pertama

Ilmadianti, Susni (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Materi Fotosintesis untuk Sekolah Menengah Pertama. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUSNI_ILMADIANTI_96858_3128_2013.pdf] Text
B1_3_SUSNI_ILMADIANTI_96858_3128_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan diarahkan pada suatu proses yang memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat kepada guru. Peserta didik dituntut untuk mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep melalui materi yang diajarkan. Karena itu dalam membimbing siswa untuk belajar dibutuhkan Lembar Kerja Siswa yang akan digunakan sebagai panduan dalam proses perolehan pengetahuan. Namun, lembar kerja siswa yang ada di SMPN 34 Padang belum berorientasi pada pendekatan keterampilan proses, sehingga menyulitkan siswa dalam memperoleh, mengolah, serta mengkomunikasikan pengetahuannya. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berorientasi pendekatan keterampilan proses sains pada materi fotosintesis yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan melalui tiga tahapan dari 4-D models. yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek ujicoba penelitian ini adalah 32 orang siswa Kelas VIII.5SMPN 34 Padang. Data pada penelitian ini merupakan data primer yang diambil dari data hasil uji validitas dan uji praktikalitas, yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Siswa berorientasi pendekatan keterampilan proses sainsyang valid dan praktis pada materi fotosintesis untuk sekolah menengah pertama. Hasil uji validitas lembar kerja siswa oleh validator menunjukkan nilai 89,43% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas lembar kerja siswa oleh guru menunjukkan nilai 83,85% dengan kriteria praktis, dan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan nilai 86,42% dengan kriteria praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan telah valid dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS, Proses, Fotosintesis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:41
Last Modified: 28 Apr 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8366

Actions (login required)

View Item
View Item