Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VI A SDIT Al Ittihad Rumbai Kotamadya Pekanbaru

Novita, Fitria (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VI A SDIT Al Ittihad Rumbai Kotamadya Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_FITRIA_NOVITA_1209070_3823_2014.pdf] Text
B1_2_FITRIA_NOVITA_1209070_3823_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Keterampilan membaca siswa kelas VI A SDIT Al Ittihad belum memuaskan. Metode yang digunakan guru selama ini belum bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Untuk itu, diperlukan upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca pemahaman di kelas VIA SDIT dengan pembelajaran model Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada materi membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A SDIT Al Ittihad Rumbai Kotamadya Pekanbaru yang berjumlah 25 orang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil kemampuan membaca pemahaman siswa yang lebih rendah dibanding kelas lain. Penelitian ini dilakukan bulan Februari 2014 yang terdiri atas dua siklus. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes hasil belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, aktivitas kerja sama di dalam kelompok, aktivitas melakukan presentasi, aktivitas mengajukan pertanyaan, dan aktivitas menjawab pertanyaan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ratarata hasil belajar siklus I adalah 64%, pada siklus II naik menjadi 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi membaca pemahaman di kelas VI A SDIT Al Ittihad Rumbai Kotamadya Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 27 Apr 2025 09:05
Last Modified: 27 Apr 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8352

Actions (login required)

View Item
View Item