Vela, Fira Dwi (2021) Pemanfaatan Media Geschool dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_FIRA_DWI_VELA_17016018_4004_2021.pdf [thumbnail of B1_01_FIRA_DWI_VELA_17016018_4004_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_FIRA_DWI_VELA_17016018_4004_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pertama, pemanfaatan
media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid19
di SMP Negeri 16 Padang. Kedua, apa saja kendala yang dihadapi dalam
pemanfaatan media Geschool di SMP Negeri 16 Padang. Ketiga, bagaimana
tindak lanjut yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan media
Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di
SMP Negeri 16 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menyertakan data
kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa
kata-kata berdasarkan data di lapangan terkait bagaimana pemanfaatan media
Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19.
Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan
studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: pemanfaatan media Geschool
dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SMP
Negeri 16 Padang dapat dilihat dari proses dan hasil belajar. Pada proses belajar
peserta didik memberikan dampak yang sangat signifikan, dapat dilihat dari
peserta didik dapat memproduksi sebuah teks. Hasil belajar peserta didik belum
belum memberikan dampak yang sangat signifikan. Kendala pemanfaatan media
Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19
dirasakan oleh guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik, seperti
menurunnya motivasi belajar dan peserta didik kurang memahami cara
penggunaan media Geschool. Solusi untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan
media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid19,
seperti menurunnya motivasi belajar dapat diatasi dengan pemberian
pembelajaran yang bervariatif. Bagi peserta didik yang kurang memahami
penggunaan media Geschool, maka dilakukan tindak lanjut dengan memberikan
pembekalan kepada peserta didik bagaimana cara mengakses media Geschool.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Geschool dapat
digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi
covid-19 di SMP Negeri 16 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 01:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8330 |