Analisis Kebutuhan Air untuk Irigasi di Nagari Supayang Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok

Rahman, Fikri Aulia (2015) Analisis Kebutuhan Air untuk Irigasi di Nagari Supayang Kecamatan Payung Sekaki Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_FIKRI_AULIA_RAHMAN_1108780_3995_2015.pdf] Text
B1_2_FIKRI_AULIA_RAHMAN_1108780_3995_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nagari supayang yang berada di kecamatan payung sekaki kabupaten solok,memiliki empat jorong. Yang mana semua penduduk di nagari supayang ini rata-rata berpenghasilan dari hasil pertanian. Dan pertanian ini sangat membutuhkan irigasi yang baik untuk hasil yang memuaskan. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui debit sungai yang ada di nagari Supayang yang bisa dimanfaatkan untuk mengairi sawah yang luas nya 50 Ha. Untuk mengetahui debit bisa dihitung dengan rumus FJ Mock yang dipengaruhi oleh nilai evapotranspirasi dan data curah hujan. Sedangkan untuk mencari kebutuhan air untuk sawah 50 Ha kita bisa menggunakan beberapa alternative dengan system pola tanam yang sama, tapi musim tanam dibedakan bula nya. Sebelum melakukan perhitungan kita perlu mencari data-data ke dinas PSDA atau instansi terkait untuk memudahkan perhitungan. Setelah penulis menghitung debit andalan sungai dan kebutuhan air untuk sawah 50 Ha di nagari Supayang ini maka penulis merekomendasikan untuk perlunya penambahan luas sawah yang akan di aliri karena nilai debit cukup tinggi kalau hanya untuk sawah 50 Ha. Hasil perhitungan didapatkan debit andalan sungai maksimum 11,0763m3 /dtk sedangkan kebutuhan air maksimum untuk sawah 50 Ha hanya 0,088 m3 /dtk.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KEBUTUHAN AIR IRIGASI
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Apr 2025 09:34
Last Modified: 25 Apr 2025 09:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item
View Item