Fuadi, Lainul (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_LAINUL_FUADI_17229_4627_2017.pdf [thumbnail of B1_03_LAINUL_FUADI_17229_4627_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_LAINUL_FUADI_17229_4627_2017.pdf
Download (8MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dikembangkan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang guru matematika yang mengajar di SMP N 2 Pasaman, diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Hal ini diperkuat dengan hasil tes soal pemecahan masalah yang diberikan pada siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa yakni dengan mengerjakan latihan soal-soal tidak rutin yang biasanya merupakan soal cerita dan berkaitan dengan masalah sehari-hari, namun kurang menarik untuk dikerjakan siswa. Diperlukan alat bantu berupa media pembelajaran yang menarik untuk melatih siswa menyelesaikan soalsoal tidak rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis pemecahan masalah yang valid, dan praktis untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Determinate). Analisis kebutuhan dilakukan dengan menganalisis silabus dan bahan ajar yang sudah ada melalui wawancara dengan salah seorang guru matematika dan siswa. Setelah melakukan analisis, media pembelajaran interaktif berbasis pemecahan masalah dirancang dan dikembangkan menggunakan Software Macromedia Flash Profesional 8 serta kemudian divalidasi oleh praktisi matematika dan multimedia. Media pembelajaran yang telah valid kemudian diterapkan pada siswa kelas VIII untuk melihat praktikalitas Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan sangat valid, dengan nilai akhir hasil validasi yaitu 86,78%. Praktikalitas media pembelajaran yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara guru dan siswa berada pada kategori praktis yang berarti mudah digunakan dan membantu dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Pasaman yang dihasilkan sudah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Media Pembelajaran Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 09:34 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 09:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8301 |