Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Kelompok pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang

Agustia, Kurniati (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri Kelompok pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_KURNIATI_AGUSTIA_907_2016.pdf] Text
B1_03_KURNIATI_AGUSTIA_907_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran rangkaian listrik dan elektronika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri kelompok di SMK Negeri 5 Padang. Pembelajaran yang berpusat pada guru berdampak kurang optimalnya kemampuan berpikir siswa. Kurangnya perhatian siswa dalam bertanya dan tidak terfokus pada pelajaran yang berikan oleh guru. Strategi yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga siswa terbiasa untuk mendengarkan, mencatat, dan menyalin tanpa memahami materi pelajarannya. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran rangkaian listrik dan elektronika banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi experiment dengan desain One Group pretest and posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa X TITL 3 SMK Negeri 5 Padang, yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttest yang dilakukan bersiklus dalam satu kompetensi dasar. Kompetensi dasar yang dijadikan materi penelitian adalah menganalisa rangkaian arus bolak balik yang terdapat 5 kali pertemuan. Setiap pertemuan diadakan pretest dan posttest dengan soal objektif sebanyak 30 butir soal. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan menggunakan rumus gain score dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh. Hasil penelitian ini rata-rata gain score pertemuan1 sampai 5 adalah 0,508 ini menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri kelompok dalam gain score dikategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar rangkaian listrik dan elektronika siswa kelas XTITL3 SMK Negeri 5 Padang dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri Kelompok, Hasil Belajar Rangkaian Listrik dan Elektronika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 09:33
Last Modified: 25 Apr 2025 09:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item
View Item