Mulyani, Kiki (2019) Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX SMPN 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_Kiki_Mulyani_15031108_1977_2019.pdf [thumbnail of B1_03_Kiki_Mulyani_15031108_1977_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_Kiki_Mulyani_15031108_1977_2019.pdf
Download (11MB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa maka akan semakin baik kualitas bangsa tersebut. Pendidikan tidak terlepas dari adanya proses pembelajaran. Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah kecerdasan. Kecerdasan masih didefinisikan secara sempit sebagai Intelligences Quotient (IQ) dalam dunia pendidikan. Padahal pada kenyataan yang ada, seseorang memiliki berbagai macam kecerdasan lain selain yang dapat dinilai dari akademik saja. Kecerdasan tersebut terdiri atas sembilan tingkat kecerdasan dan dikenal sebagai Multiple Intelligences (MI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara MI dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IX SMPN 22 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan Maret di kelas IX SMPN 22 padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel berjumlah 34 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dengan mengundi salah satu kelas pada populasi dan didapatkan satu kelas yaitu kelas IX 2. Instrumen penelitian menggunakan angket MI. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara setiap kecerdasan pada MI dengan hasil belajar IPA kelas IX SMPN 22 Padang, namun tidak semua kecerdasan pada MI yang mempunyai pengaruh positif yang berarti dengan hasil belajar IPA kelas IX SMPN 22 Padang. Kecerdasan yang tidak mempunyai pegaruh positif yang berarti dengan hasil belajar IPA kelas IX SMPN 22 Padang yaitu: kecerdasan musikal dan kecerdasan intrapersonal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Kecerdasan, Multiple Intelligences (MI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 09:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 09:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8275 |