Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme guru, dan Manajemen Sekolah Efektif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah di Kabupaten Kerinci

Saaduddin, Saaduddin (2020) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme guru, dan Manajemen Sekolah Efektif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah di Kabupaten Kerinci. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_SAADUDDIN_51794_1835_2021.pdf] Text
B1_08_SAADUDDIN_51794_1835_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dilihat dari data Ujian Nasional beberapa tahun terakhir, hasil belajar siswa
Madrasah Aliyah Kabupaten Kerinci belum sesuai harapan. Oleh karena itu,
manajemen Sekolah efektif di Madrasah perlu dibangun dan dikembangkan dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Madrasah perlu diberikan referensi
sebagai bahan kajian untuk dipedomani komponen-komponen yang mana saja dan
bagaimana pengaruhnya dalam membangun manajemen sekolah yang efektif
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
melibatkan seluruh Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Kerinci dengan
populasi 1835 orang yang terdiri dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Sampel
penelitian adalah 179 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tingkat Capaian Responden
(TCR) untuk variabel Kepala sekolah berada pada kategori tinggi, 2)TCR untuk
variabel Profesionalisme guru berada pada kategori sedang, 3) TCR untuk
variabel Manajemen Sekolah efektif berada pada kategori tinggi 4)TCR untuk
hasil belajar peserta didik berada pada kategori tinggi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah
berpengaruh signifikan terhadap manajemen sekolah efektif; profesionalisme guru
berpengaruh signifikan terhadap manajemen sekolah efektif; manajemen sekolah
efektif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik; kepemimpinan
kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, profesionalisme
guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar; terdapat pengaruh tak
langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar peserta didik
melalui manajemen sekolah efektif; terdapat pengaruh tak langsung
profesionalisme guru terhadap hasil belajar peserta didik melalui manajemen
sekolah efektif; dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan
kepala sekolah, profesionalisme guru, dan manajemen sekolah efektif secara
simultan terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kepemimpinan Kepemimpinan Kepala Sekolah Profesionalisme guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:57
Last Modified: 25 Apr 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item
View Item