Pengembangan Model Bercerita Untuk Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak

Zein, Riwayati (2017) Pengembangan Model Bercerita Untuk Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_RIWAYATI_ZEN_11076_5609_2017.pdf] Text
B1_08_RIWAYATI_ZEN_11076_5609_2017.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan suatu model bercerita
anak yang valid, efektif dan praktis sesuai dengan aspek
perkembangan bahasanya. Standar isi pengembangan bahasa anak
usia dini terdiri dari reseptif, ekspresif dan keaksaraan agar anak
mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana
secara tepat dan efektif. Pengembangan bahasa di TK menurut
dilakukan dengan kegiatan bercerita. Kenyataannya, model
bercerita yang digunakan guru bersifat konvensio nal dan belum
terspesialisasi.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan,
aktivitas pendeskrip siannya penelitian dilakukan dengan tahapan
ADDIE (analysis, design, development, implementation dan
evaluation). Data penelitian terdiri dari data tahap analisis dan
tahap pengembangan. Perancangan model didasarkan pada analisis
kondisi awal, studi kepustakaan, kelemahan model bercerita guru
dan diskusi kelompok kecil. Validasi model bersadarkan penilaian
tim validator, uji coba terbatas, implementasi pemakaian model
dilakukan secara eksperimen pada tiga TK di kota Padang.
Produk Model Bercerita Tematik Perkembangan Bahasa
(BTPB) didokumentasikan berupa Buku Model, Panduan Kegiatan
Guru (PKG) dan Pendamping Kegiatan Anak (PKA). Hasil
penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa model BTPB
memiliki kriteria valid, efektif dan praktis. Peningkatan rerata hasil
belajar kelas eksperimen mencapai 12,81 lebih baik daripada kelas
kontrol. Perkembangan bahasa dan bercerita kelas eksperimen
setelah dilakukan uji-t, dimana nilai �ℎ�� . perkembangan bahasa
(34,507) dan �ℎ�� . bercerita (95,399) >������ (1,993) dengan taraf
signifikansi 0,05. Penerapan model BTPB terbukti mampu
meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Bercerita Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 25 Apr 2025 08:56
Last Modified: 25 Apr 2025 08:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8242

Actions (login required)

View Item
View Item