Ridho, Rahmat (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Biologi pada Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RAHMAT_RIDHO_1100340_254_2016.pdf [thumbnail of B1_3_RAHMAT_RIDHO_1100340_254_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RAHMAT_RIDHO_1100340_254_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Padatnya materi pada mata pelajaran biologi seringkali menjadi penghambat hasil belajar siswa. Sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar,hal inilah menjadi titik permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.Penggunaan media pembelajaran tepat guna seperti halnya media pembelajaran interaktif diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk interaktif yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria kelayakan media dan mata pelajaran biologi dengan materi sel dan fungsinya dengan menggunakan aplikasi macromedia director MX. 2004. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).Prosedur penelitian pengembangan ini merujuk pada model prosedural Borg & Gall yang bersifat deskripstif dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Subjek penelitian adalah 1 orang ahli materi yang merupakan guru yang mengajar mata pelajaran biologi, 2 orang ahli media yaitu dosen jurusan KTP FIP UNP, dan 25 orang siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian validitas dari aspek materi dan media, dan angket persepsi subjek coba terhadap praktikalitas penggunaan media. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif ini berada pada kategori sangat baik. Untuk aspek materi termasuk dalam kategori sangat baik (91,11%). Untuk aspek media termasuk dalam kategori sangat baik (92,22%). Selanjutnya, hasil uji coba terbatas praktikalitas penggunaan media berada pada kategori sangat baik (87,3%). Setelah dilakukan revisi terhadap produk sesuai dengan saran ahli, maka multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternativ media untuk mata Pelajaran Biologi .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Pembelajaran Interaktif, Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 08:36 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8224 |