Mora, Revi Handri (2012) Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IX SMPN 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_REVI_HANDRI_MORA_86114_436_2012.pdf [thumbnail of B1_2_REVI_HANDRI_MORA_86114_436_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_REVI_HANDRI_MORA_86114_436_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran yang berlangsung di SMPN 1 Sungai Beremas masih
terpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Hal ini menyebabkan aktivitas
belajar dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Salah satu cara yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar
matematika siswa adalah dengan menerapkan model Problem Based Instruction
(PBI). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1)Bagaimana aktivitas siswa
kelas IX SMPN 1 Sungai Beremas yang pembelajarannya menerapkan model
PBI. 2)Apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model
PBI lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan
pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 1 Sungai Beremas. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 1
Sungai Beremas yang pembelajarannya menerapkan model PBI lebih baik dari
pada rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 1 Sungai Beremas
yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized
Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IX
SMPN 1 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random
sampling, dimana terpilih kelas IX1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX2
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes akhir berupa soal
essay dan pengamatan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar
matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis
yaitu uji t pada tingkat signifikansi = 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar matematika
siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBI cendrung meningkat. Ratarata
hasil belajar kelas eksperimen adalah 70,41 sedangkan pada kelas kontrol
adalah 63,25. Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil
belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran PBI lebih baik dari
pada rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 08:35 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8218 |