Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op pada Mata Pelajaran TIK terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Limau

Nurmasyah, Rahmat (2012) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op pada Mata Pelajaran TIK terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Limau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMAT_NURMANSYAH_88404_1101_2013.pdf] Text
B1_3_RAHMAT_NURMANSYAH_88404_1101_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan pengalaman yang penulis peroleh selama mengajar di SMP Negeri 1 Sungai Limau bahwa pembelajaran TIK selama ini masih bersifat konvensional guru hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajar tanpa menggunakan media dan alat bantu. Hal tersebut disebabkan sarana dan prasarana di sekolah tersebut masih sangat minim, bahkan keadaan sarana labor komputer sekarang ini sangat memprihatinkan, sudak tidak bisa di operasikan lagi untuk pembelajaran TIK itu sendiri. Ini berdampak pada suasana pembelajaran yang kurang kondusif, minat belajar siswa rendah. Hal tesebut berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-op Co-op pada mata pelajaran TIK berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas IX semester II SMP Negeri 1 Sungai Limau Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Limau Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X 3 SMP Negeri 1 Sungai Limau (kelas eksperimen) dan siswa kelas X 5 SMP Negeri 1 Sungai Limau (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dalam bentuk soal objektif sebanyak 40 butir soal, kemudian data nilai siswa dianalisis dengan uji t. Dari hasil penelitian, kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-op Co-op nilai rata-ratanya adalah 78,56 dengan standar deviasi ( SD ) 8,03 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah 71,59 dengan standar deviasi (SD) 8,01. Hasil uji t hitung > t tabel , yaitu 3,387 > 2,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Co-op Co-op berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sungai Limau pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Co-op Co-op, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:01
Last Modified: 25 Apr 2025 06:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8215

Actions (login required)

View Item
View Item