Pengaruh Penerapan Model Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP N 25 Padang

Rahmi, Juwita (2019) Pengaruh Penerapan Model Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP N 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_JUWITA_RAHMI_15004044_2818_2019.pdf] Text
B1_03_JUWITA_RAHMI_15004044_2818_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan masalah yang ditemukan pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 25 Padang, sebagian besar siswa belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajar masih terpusat pada guru (Teacher centred) serta penggunaan metode dan media yang kurang sesuai dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian tentang pengaruh penerapan Model Everyone Is A Teacher Here berbantuan video terhadap hasil belajar siswadengan yang tidak menerapkan Model Everyone Is A Teacher Here berbantuan video terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Video terhadap hasil belajar IPS Kelas VII SMP N 25 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP N 25 Padang yang terdiri 8 kelas yaitu kelas VII. 1 sampai Kelas VII. i 8 dengan jumlah siswa 246 orang dan sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling, kelas VII. 4 sebagai eksperimen dan siswa kelas VII. 2 sebagai kelas kontrol, masing- masingnya berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal,dan alat pengumpulan data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t- tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model Everyone Is A Teacher Here Berbantuan Video 83,16 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontro l78. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung 2,715 sedangkan t tabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,000, maka t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,715>2,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapatperbedaanyang signifikanhasil belajar siswa yang menerapkan model Everyone Is A Teacher Here berbantuan video dibandingkan siswa yang tidak menerapkan model Everyone Is A Teacher Here berbantuan video dalam mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 25 Padang. Sehingga penerapan model Everyone Is A Teacher Here berbantuan video dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 25 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, media video, hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:01
Last Modified: 25 Apr 2025 06:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item
View Item