Mardicko, Afri (2017) Pengaruh Model Belajar Kooperatif Tipe TPS dan Kepribadian Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Kelas V SD Kecamatan Bungus Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_01_AFRI_MARDICKO_15124001_1446_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa kelas V SDN 21 Cindakir Kota Padang belum memuaskan. Hasilini terlihat dari hasil observasi dan analisis data tes kemampuan masalah matematis yang diberikan kepada siswa kelas V SDN 21 Cindakir. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan model belajar kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model belajar kooperatif tipe TPS dan kepribadian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 21 Cindakir.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimennya adalah factorial design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V gugus III Kecamatan Bungus Kota Padang. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 21 Cindakir sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 12Pasar Teluk Kabung sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap, tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji anova dua arah.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan. Pertama, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mempunyai kepribadian extrovert tidak ada perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kemampuanpemecahan masalah siswa yang berkepribadian introvert. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak ada perbedaan yang signifikandibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kepribadian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Belajar Kooperatif; Kemampuan Pemecahan Masalah; Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Wiwi Sartika S.Sos |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 04:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/82 |