Suryani, Suryani (2014) Pemberian Pretest dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SURYANI_15997_2933_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SURYANI_15997_2933_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SURYANI_15997_2933_2014.pdf
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran Biologi di SMAN 3 Pariaman yang masih didominasi oleh metode ceramah berdampak pada rendahnya kompetensi siswa, yang meliputi kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi siswa adalah dengan pemberian pretest dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pretest dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas X SMAN 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas X 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian kompetensi kognitif berupa tes hasil belajar (tes objektif), dan untuk kompetensi afektif dan psikomotor berupa mengisi lembaran observasi. Data kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor dianalisis dengan uji t. 4 Hasil kompetensi kognitif yang diperoleh menunjukkan bahwa t > t , sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian pretest dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap kompetensi kognitif belajar biologi siswa. Pada kompetensi afektif diperoleh hasil t tabel hitung > t , sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian pretest dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap kompetensi afektif belajar biologi siswa. Sedangkan pada kompetensi psikomotor diperoleh hasil t tabel hitung < t , sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian pretest dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) tidak berpengaruh terhadap kompetensi psikomotor belajar biologi siswa kelas X SMAN 3 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share, Model Pembelajaran, Kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:43 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8196 |