Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Multimedia di Kelas XI Multimedia SMK N 4 Padang

Qudri, Rahmad Al (2012) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Multimedia di Kelas XI Multimedia SMK N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMAD_AL QUDRI_88394_1327_2012.pdf] Text
B1_3_RAHMAD_AL QUDRI_88394_1327_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan video pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Multimedia di kelas XI multimedia SMK.N 4 Padang membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan lebih mandiri sehingga siswa lebih mudah dalam menyerap informasi serta meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui tugas akhir yang diberikan guru pada akhir pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunaan video pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Multimedia di kelas XI multimedia SMK.N 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI multimedia SMK.N 4 Padang yang berjumlah 22 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling dengan cara undian, dimana seluruh objek penelitian didaftar dan dibuatkan nomor undian sebanyak anggota populasi setelah itu anggota populasi memilih nomor undian yang telah digulung. Bagi anggota populasi yang mendapatkan nomor undian genap dijadikan kelompok ekperimen dan sebaliknya bagi anggota populasi mendapatkan nomor ganjil dijadikan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok berjumlah 11 orang. Data diperoleh dari tes hasil belajar berupa soal Praktek. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji analisis varian (anava) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata (82,18) yang lebih tinggi daripada hasil belajar siswa kelompok kontrol memperoleh nilai rata-rata (72,27). Dari hasil perhitungan anava menunjukkan bahwa f hitung 14,84 dan f tabel 4,35, berarti f hitung > f (14,84 > 4,35). Yang dibuktikan dengan taraf kepercayaan α 0,05. Jadi belajar menggunakan menggunaan video pembelajaran interaktif lebih berpengaruh dari pada belajar yang menggunakan media konvensional yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Multimedia di kelas XI multimedia SMK.N 4 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video, Hasil Belajar, Multimedia
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:42
Last Modified: 25 Apr 2025 04:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8195

Actions (login required)

View Item
View Item