The Effect of Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy Students’ Reading Comprehension of Exposition Text at Senior High School 3 Bukittinggi

Fitrina, Rahma (2015) The Effect of Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Strategy Students’ Reading Comprehension of Exposition Text at Senior High School 3 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAHMA_FITRINA_17383_1798_2015.pdf] Text
B1_3_RAHMA_FITRINA_17383_1798_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan membaca teks monolog siswa SMA Negeri 3 Bukittinggi masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai strategi membaca dalam bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti mengajarkan dan mendorong siswa untuk menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain yang disebut posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bukittinggi tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 12 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah XI MIA 1 dan XI MIA 3 yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Setelah dipilih secara acak, kelas yang terpilih adalah XI MIA 1 sebagai kelas eksperimental dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah reading comprehension test yang terdiri dari 40 pertanyaan pilihan ganda. Tes dilakukan satu kali yakni posttest yang diberikan setelah menyelesaikan pemberian perlakuan. Data dari penelitian ini berupa skor reading comprehension testyang dianalisis secara statistik menggunakan rumus t-test. Berdasarkan perhitungan tersebut, diperoleh t- hitung sebesar 5,05 dan t-tabel sebesar 1,944 yang berarti thitung > t-tabel yang bertaraf signifikansi 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi DRTA memberikan dampak yang lebih baik terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa pada teks eksposisi analitis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi DRTA, Pemahaman membaca, Teks eksposisi analitis
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:41
Last Modified: 25 Apr 2025 04:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8173

Actions (login required)

View Item
View Item