Dona, Rahma (2012) Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas X DKV SMK Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RAHMA_DONA_88374_1600_2012.pdf [thumbnail of B1_3_RAHMA_DONA_88374_1600_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RAHMA_DONA_88374_1600_2012.pdf
Download (483kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) khususnya pada mata pelajaran IPA, kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran IPA, kelas masih berpusat pada guru (Teacher Centre) dan proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakan pendekatan Konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran kontruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X DKV A SMK Negeri 4 Padang Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy exsperiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK N 4 Padang yang berjumlah 275 orang yang terdiri dari 10 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas X DKV A sebagai kelas eksperimen dan X DKV B sebagai kelas kontrol, masing-masingnya berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan konstruktivisme 75,57 dengan standar deviasi (SD) 8,07 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional 69,06 dengan standar deviasi (SD) 8,56. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t 3,227 pada taraf signifikansi 0,05 t tabel adalah 2,000, sehingga t . Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Konstruktivisme berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas X DKV B di SMK N 4 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Konstruktivisme, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8169 |