Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika yang Menggunakan Strategi Problem Solving Solso dan Strategi Problem Solving Sistematis di Kelas VIII SMP N 31 Padang

Pratama, Raflis Okta (2014) Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika yang Menggunakan Strategi Problem Solving Solso dan Strategi Problem Solving Sistematis di Kelas VIII SMP N 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RAFLIS_OKTA_PRATAMA_95958_1470_2014.pdf] Text
B1_3_RAFLIS_OKTA_PRATAMA_95958_1470_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman observasi yang penulis lakukan, penulis menemukan bahwa pembelajaran Matematika belum berjalan optimal dimana masih rendahnya kemampuan siswauntuk mengidentifikasi suatu permasalahan sehingga, pembelajaran didominasi oleh guru. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpikir kritis dan berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa.Salah satunya Problem Solving Solso dan Problem Solving Sistematis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi Problem Solving Solso dan Strategi Problem Solving Sistematisdi Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIIISMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 240orang yang terdiri dari 6 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposivesampling, yaitu kelas VIII.3 dan VIII.4 masing-masingnya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa.Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa.Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–ratakelas yang menggunakan strategi Problem Solving Sistematis80,41 dan nilai rata-rata kelas yang menggunakan strategi Problem Solving Solso76,12. Berdasarkan perhitungan ttest diperoleh t hitung 2,0428 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,000, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkanterdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Problem Solving Sistematis dan strategi Problem Solving Solsopada mata pelajaran Matematika di kelas VIII SMP Negeri 31Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Solving Solso, Strategi Problem Solving Sistematis
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:40
Last Modified: 25 Apr 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8157

Actions (login required)

View Item
View Item