Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SMP N 11 Padang

Putri, Andini (2019) Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SMP N 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ANDINI_PUTRI_2624_15052099_2019.pdf] Text
B1_03_ANDINI_PUTRI_2624_15052099_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sekolah ramahanak di SMP N 11 Padang, serta mengidentifikasi faktor pendukung maupunfaktor penghambat pelaksanaan sekolah ramah anak yang dihadapi sekolahtersebut.Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif dengan mengambil lokasipenelitian di SMP N 11 Padang. Penyajian data diuraikan dalam bentuk uraiandeskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara danstudi dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa, danorang tua siswa petugas kantin, ketua komite dan masyarakat sekitar. Teknikanalisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasiatau penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasisumber dan triangulasi metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sekolah ramah anak diSMP N 11 Padang secara keseluruhan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari segi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Namun ada beberapahal yang belum dilaksanakan seperti tidak adanya tim khusus pelaksana sekolahramah anak, tidak adanya deklarasi bersama sebagai sekolah ramah anak, danbelum adanya kurikulum khusus sekolah ramah anak. Faktor pendukung pelaksanaan sekolah ramah anak antara lain kualitas sekolah, komitmen dankeseriusan pihak pelaksana, serta komitmen dan keseriusan dari pihak terkaitlainnnya. Sedangkan faktor penghambat antara lain belum adanya kurikulumkhusus sekolah ramah anak, ketersediaan tanah dan dana yang minim, tidakadanya tim khusus pelaksana sekolah ramah anak serta kurangnya partisipasi dari orang tua peserta didik seperti ketidak pedulian ketika ada panggilan dari pihaksekolah. Berdasarkan temuan ini diharapkan dinas terkait, pihak sekolah danorang tua dapat lebih berpartisipasi dan mengupayakan terlaksananya sekolah ramah anak yang lebih baik lagi karena sekolah ramah anak merupakan suatuk ebutuhan yaitu mampu memenuhi hak anak dan melindunginya, karena sekolah menjadi rumah kedua bagi anak, setelah rumahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan program, Sekolah ramah anak, SMP Negeri 11 Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:40
Last Modified: 25 Apr 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8155

Actions (login required)

View Item
View Item