The Effect of Using Speech Activity in Teaching Analytical Exposition Text towards Students` Speaking Ability in Expressing Argument.

Yudistira, Sukma (2012) The Effect of Using Speech Activity in Teaching Analytical Exposition Text towards Students` Speaking Ability in Expressing Argument. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUKMA_YUDISTIRA_86675_1498_2012.pdf] Text
B1_3_SUKMA_YUDISTIRA_86675_1498_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penerapan Speech Activity sebagai salah satu strategi pembelajaran teks Analytical Exposition terhadap kemampuan berbicara siswa mengungkapkan pendapatnya. Metode penelitian yang diterapkan adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sample memakai cluster sampling. Sebagai sample penelitian ditetapkan siswa SMAN 1 Lembah Gumanti kelas XI IA 1 berjumlah 34 orang dan XI IA 2 berjumlah 35 orang. Kelas XI IA 1 sebagai grup eksperiemen dan kelas XI IA 2 sebagai grup control. Grup eksperimen menerapkan Speech dan grup control menerapkan workgroup discussion. Instrumen yang digunakan adalah oral presentation test. Test di lakukan di awal dan di akhir penelitian (pretest dan posttest) karena metode penelitian memakai metode pretest-posttest control group design. Untuk menilai kemampuan siswa di gunakan Oral proficiency scoring criteria. Nilai yang didapat dari kedua tes digunakan sebagai data penelitian. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa kemampuan siswa mengungkapkan pendapatnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Grup yang menerapkan speech memiliki kemampuan yang lebih baik dari grup yang menerapkan workgroup discussion. Perbedaan itu bisa dilihat dari skor pencapaian siswa kedua grup. Terlihat dari rata-rata skor siswa di grup eksperimen (70, 91) lebih tinggi dari grup control (65, 55). Selanjutnya, hasil pengolahan data menggunakan rumus t-test didapatkann nilai t lebih besar dari nilai t table pada tingkat kepercayaan 0.05 (t calculated > t table calculated = 3.365 > 1.6679) yang juga berarti bahwa kedua grup memiliki perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan speech dalam pengajaran teks analytical exposition dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mengungkapkan pendapat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Speech Activity, Teaching Analytical Exposition, Speaking Ability, Expressing Argument
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:39
Last Modified: 25 Apr 2025 04:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item
View Item