Kontribusi Kreatifitas dan Suasana Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika (DLE) Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Suhardiman, Suhardiman (2019) Kontribusi Kreatifitas dan Suasana Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika (DLE) Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SUHARDIMAN_1101980_3563_2019.pdf] Text
B1_3_SUHARDIMAN_1101980_3563_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat Deskriptif korelasional dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kreatifitas dan suasana belajar dengan hasil belajar Dasar Listrik Elektronika (DLE). Populasi pada penelitian ini sebanyak 71 orang termasuk sampel untuk uji coba instrumen sebanyak 36 orang siswa TITL1 dan 34 orang siswa TITL2 untuk responden penelitian. Data kreatifitas dan suasana belajar diperoleh dari penyebaran angket ke siswa, sedangkan data hasil belajar mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika diperoleh dari nilai UAS semester Ganjil. Penelitian ini dilakukan guna melihat kontribusi dari kreatifitas dengan hasil belajar, suasana belajar terhadap hasil belajar dan kreatifitas dan suasana belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar, maka penulis mengajukan hipotesis yaitu: Terdapat Kontribusi yang positif dan signifikan dari kreatifitas dan suasana belajar dengan hasil belajar Dasar Listrik Elektronika (DLE) siswa kelas X di SMK Negeri 1 Bukittingi. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis pertama didapat nilai r positif (r=0,433) dan signifikan karena setelah dilakukan uji t, t hitung > t tabel (2.717> 2.036) serta nilai t hitung positif, pada hipotesis kedua didapat nilai r positif (r=0,409) dan signifikan karena setelah dilakukan uji t, t hitung > t tabel (2,535 > 2,036) serta nilai t iv hitung positif dan pada hipotesis ketiga didapat nilai r positif (r=0,476) dan signifikan karena setelah dilakukan uji F, nilai F hitung > F tabel (4.5407 > 3,30) serta nilai F hitung positif. Hasil analisis data penelitian diperoleh kreativitas siswa memberikan kontribusi yang cukup besar yakni 18,74%. sedangkan suasana belajar memberikan kontribusi sebesar 16,72%. Ini menegaskan bahwa kreativitas siswa sdan suasana belajar memang berkontribusi terhadap hasil belajar. Sedangkan kontribusi secara bersama dari kreativitas siswa dan suasana belajar terhadap hasil belajar Dasar Listrik Elektronika (DLE) adalah sebesar 22,65 %. Disimpulkan bahwa secara signifikan dan positif hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kreatifitas dan suasana belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas, Suasana Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:38
Last Modified: 25 Apr 2025 04:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item
View Item